Home » , , , , » Cara Mengedit Teks di File PDF

Cara Mengedit Teks di File PDF

Posted by TIPSTRIK94 on Friday, April 26, 2019

Hai sahabat setia TIPSTRIK94 !
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara mengedit file pdf. 
What ??? Pdf bisa diedit? Bisa dong, makanya baca terus sampai selesai.

Portable Document Format atau yang disingkat PDF adalah bentuk format file yang dibuat oleh Adobe System, Inc. Untuk menggunakan file PDF ini kita harus menginstal aplikasi Adobe Reader, Adobe Acrobat, Foxit PDF atau software opening PDF lainnya. 
Banyak terdapat kelebihan dari jenis file PDF ini diantaranya adalah sifatnya yang fleksibel sehingga dapat dibuka hampir disemua perangkat yang sudah terinstal software PDF Reader tanpa merubah susunan kalimat yang ada di dalamnya. Bahkan file jenis ini juga dapat dibuka menggunakan sebuah browser Mozila Firefox. Dikarenakan file PDF ini tidak bisa diedit, sehingga file ini sangat aman untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang sudah final agar tidak terjadi perubahan-perubahan apapun pada dokumen tersebut. 
Selain untuk menyimpan dokumen dalam bentuk teks, PDF juga memungkinkan untuk menyimpan data dalam bentuk gambar dan grafik. Untuk satu dokumen yang sama, file PDF mempunyai ukuran/kapasitas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis file lain seperti Microsoft Word, Excel maupun Power Point. Olehnya itu kebanyakan orang akan mengkonversi file mereka dari word ke PDF sebelum dikirimkan via email karena ukuranya yang lebih ringan.
PDF juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang sangat baik sehingga kita bisa memproteksi file kita dengan memberikan password sehingga tidak bisa dicopy, diprint atau dirubah isinya oleh orang lain. 

Meskipun demikian, file PDF juga memiliki kekurangan, yaitu file ini tidak dimungkinkan untuk melakukan pengeditan terhadap isi file itu sendiri. Bagaimana jika file kita sudah di konversi ke PDF dan ternyata ada sedikit kesalahan yang harus diperbaiki? Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya akan membagikan trik Cara Mengedit Teks di File PDF

Untuk melakukan pengeditan teks di file PDF, disini saya akan memberikan 2 cara yang sering saya gunakan yaitu pertama dengan mengkonversi file PDF ke Word dan yang kedua dengan menggunakan software.

1. Konversi File PDF ke Word

Cara Edit Teks di PDF-Cara Konversi Word ke PDF-Cara Mengubah File Word Menjadi PDF-Cara Mengedit File PDF
Untuk cara yang pertama ini teman-teman harus merubah atau mengkonversi file PDF yang akan diedit ke Microsoft Word terlebih dahulu. Nah, caranya bagaimana? 
Langkah pertama, buka lembar kerja baru Microsoft Word. 
Disini saya menggunakan Office Word 2016. Bagi teman-teman yang menggunakan Microsoft Office versi 2010 kebawah, saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan cara ini.  
Pada lembar kerja microsoft word, klik menu File dan pilih Open.
Pada jendela pencarian, di kolom jenis file, Pilih All Files
Cari file PDF yang ingin diedit, pilih file kemudian klik OK
Jika muncul perintah seperti gambar dibawah ini, pilih OK 

Sekarang file PDF sudah diubah kedalam bentuk Microsoft Word dan sudah siap untuk dilakukan pengeditan sesuai dengan yang teman-teman inginkan.
Setelah dilakukan pengeditan, tentu teman-teman ingin menyimpan kembali file tersebut dalam format PDF. Caranya, teman-teman bisa langsung klik menu File, pilih Save As.
Kemudian tentukan lokasi untuk tempat penyimpanan. 
Pada kolom Save as type, pilih PDF, klik Save dan SELESAI.

Ok, itu tadi adalah langkah-langkah untuk mengedit teks di file PDF dengan cara mengubah atau mengkonversi ke word terlebih dahulu.

2. Menggunakan Software PDF Edit

Cara Edit Teks di PDF-Cara Konversi Word ke PDF-Cara Mengubah File Word Menjadi PDF-Cara Mengedit File PDF
Cara berikut untuk mengedit teks di file PDF adalah dengan menggunakan software yaitu Foxit PDF Editor atau yang biasa disebut PDF Edit. Cara yang kedua ini menurut saya lebih simpel dibandingkan dengan menggunakan cara yang pertama. Di aplikasi PDF Edit juga terdapat banyak fitur-fitur yang bisa dgunakan untuk melakukan pengeditan terhadap dokumen PDF tanpa harus megkonversinya terlebih dahulu. Software PDF Edit ini juga bisa langsung digunakan tanpa harus diinstal ke komputer atau perangkat teman-teman. 

Berikut adalah langkah-langkah mengedit teks PDF menggunakan software PDF Edit
Pertama buka aplikasi PDF Edit. Bagi teman-teman yang belum punya bila langsung download pada link download dibawah.


Setelah itu pilih Open untuk mengambil file PDF yang akan diedit atau bisa dengan cara drag file yang akan diedit kedalam aplikasi PDF Edit.
Langkah selanjutnya teman-teman tinggal pilih kata atau kalimat mana yang akan diubah, klik kanan  dan pilih Edit Object

Pada kolom propertis sebelah kanan lembar kerja, teman-teman bisa melakukan perubahan terhadap jenis, ukuran, warna huruf dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya. 
Setelah selesai melakukan pengeditan, teman-teman bisa langsung menyimpan dengan cara klik menu File dan pilih Save. Atau jika ingin menyimpannya sebagai file baru bisa klik menu File dan Pilih Save As.
Tentukan lokasi penyimpanan, klik Save dan SELESAI

Bagaimana teman-teman?
Sangat mudah bukan. Selamat mencoba !

Thanks for reading & sharing Cara Mengedit Teks di File PDF

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Mohon agar tidak menggunakan kalimat yang memprovokasi atau mengandung unsur sara
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, dan sebagainya.
- Terimakasih atas kunjungan dan kerjasamanya

Search Here

Make Money URL Shortener

Popular Posts

Visitor

Flag Counter
Powered by Blogger.