Home » , , » 12 Fungsi Microsoft Excel Yang Memudahkan Pekerjaan

12 Fungsi Microsoft Excel Yang Memudahkan Pekerjaan

Posted by TIPSTRIK94 on Monday, April 22, 2019

Hello, Sahabat TIPSTRIK94
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang beberapa fungsi pada microsoft excel yang sangat membantu dalam memudahkan pekerjaan kita. Bagi teman-teman yang kerja kantoran atau teman-teman mahasiswa, tentu sudah sangat sering bekerja dengan menggunakan aplikasi yang satu ini. 

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Microsoft Excel adalah salah satu bagian dari Microsoft Office yang digunakan untuk pengolahan angka atau numerik.
Microsoft Excel ini sanagat cocok untuk anda yang bekerja dalam hal pengolahan angka. Selain itu, Excel juga memiliki banyak fitur dan fungsi yang bisa kita gunakan untuk hal-hal lain sehingga dapat memudahkan pekerjaan kita.
Microsoft Excel juga dilengkapi dengan berbagai fitur Formulas dan Function atau yang sering kita kenal dengan istilah Rumus Excel. Kedua fitur tersebut akan sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita yang berkaitan dengan data dan angka secara cepat dan tepat, sehingga kita dapat lebih menghemat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Penggunaan dari fitur tersebut dapat digunakan untuk operasi perhitungan yang sederhana sampai dengan kalkulasi yang kompleks, baik untuk data berbentuk angka, data teks, data tanggal, data waktu, atau kombinasi dari data-data tersebut.
Disini saya sudah merangkum 12 Fungsi Microsoft Excel Yang Memudahkan Pekerjaan.
Jika kita melihat dari judul postingan ini, mungkin teman-teman ada yang menganggap bahwa judul ini kontradiksi dengan penjelasan saya sebelumnya yang mengatakan bahwa pada Microsoft Excel terdapat banyak sekali fitur baik berupa formula maupun fungsi yang dapat memudahkan pekerjaan.
Sebelumnya saya jelaskan dulu mengapa saya hanya memilih judul 12 fungsi. Karena untuk saya pribadi dan pada beberapa orang yang saya temui, 12 fungsi ini adalah yang paling sering digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan. Mungkin akan berbeda kebutuhannya dengan teman-teman sesuai dengan pekerjaan apa yang sering teman-teman kerjakan menggunakan program microsoft excel ini.

12 Fungsi Microsoft Excel Yang Memudahkan Pekerjaan 

1.  SUM

SUM adalah fungsi yang digunakan untuk operasi penjumlahan. Fungsi ini merupakan fungsi yang sangat sering digunakan dan boleh dikatakan sebagai fungsi yang sangat dasar pada microsoft excel.
Penggunaan dari fungsi ini biasanya untuk menghitung jumlah total dari nilai daftar tertentu. Sebagai contoh, misalkan kita punya daftar harga barang belanjaan yang di daftar itu terdiri dari banyak barang, maka kita bisa menggunakan fungsi SUM ini untuk menghitung jumlah dari nilai harga barang belanjaan tersebut
Contoh:
DAFTAR HARGA BARANG BELANJAAN
1. Komputer                  : Rp. 4.000.000
2. Printer                       : Rp. 800.000
3. Lemari                      : Rp. 3.000.000
4. dst

Dengan menggunakan fungsi SUM ini kita bisa menghitung jumlah dari harga barang tersebut dengan cara memasukkan fungsi berikut: =SUM(blok semua daftar harga yang ingin dijumlahkan) ENTER. Maka akan muncul hasil dari penjumlahan harga barang tersebut. 

2. AVERAGE

AVERAGE adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata. Fungsi ini biasa digunakan oleh guru dalam menentukan nilai rata-rata dari siswanya.
Contoh:
Daftar Nilai Ujian Semester BUDI
1. Pendidikan Agama     : 95
2. Bahasa Indonesia       : 90
3. Bahasa Inggris           : 85
4. dst
Dengan menggunakan fungsi AVERAGE ini kita bisa menghitung nilai rata-rata dari hasil ujian semester Budi dengan memasukkan fungsi berikut: =AVERAGE(blok semua nilai ujian semester Budi) ENTER. Maka akan keluar nilai rata-rata dari hasil ujian semester Budi.

3. COUNT

Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, dan menghitung angka dalam daftar argumen. Fungsi COUNT digunakan untuk mendapatkan jumlah entri di bidang angka yang ada dalam rentang angka. Misalnya, Anda bisa memasukkan rumus berikut untuk menghitung angka dalam rentang A1:A10: =COUNT(A1:A10). Maka akan keluar hasil ada berapa sel dari A1 sampai A10 yang berisikan ankgka.

4. IF

Fungsi IF memungkinkan kita untuk membuat perbandingan logis antara nilai dan apa yang diharapkan dengan menguji kondisi dan mengembalikan hasil jika True atau False.
Fungsi IF ini adalah merupakan fungsi logika, jadi dalam penggunaanya membutuhkan kemampuan yang baik dalam membolak-balikkan pernyataan. 

=IF(Sesuatu adalah Benar, lakukanlah sesuatu, jika tidak lakukanlah hal lain)

Fungsi IF biasa digunakan untuk oleh guru untuk memberikan nilai kepada siswanya dalam bentuk predikat A,B,C atau D berdasarkan dari nilai siswa tersebut dan syarat dari setiap predikat.

5. SUMIF

Fungsi SUMIF adalah fungsi penjumlahan dengan kriteria atau syarat tertentu. Penggunaanya sama dengan fungsi SUM yang digunakan untuk menjumlahkan data pada range tertentu. Hanya saja pada SIMIF ini ditambahkan dengan kriteria tertentu dari range yang ingin dijumlahkan.

6. COUNTIF

Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, dan menghitung angka dalam daftar argumen dengan kriteria tertentu. Hampir mirip dengan fungsi COUNT, hanya saja pada fungsi COUNTIF ini penggunaannya berdasarkan kriteria tertentu.

7. LOWER

LOWER adalah fungsi yang digunakan untuk mengecilkan huruf atau mengubah teks dengan huruf kapital menjadi huruf kecil semua.

8. UPPER

Fungsi UPPER adalah merupakan kebalikan dari fungsi LOWER yaitu untuk mengubah teks dari huruf kecil menjadi huruf kapital semua

9. PROPER

Fungsi PROPER digunakan untuk mengubah teks dari huruf kecil, atau dari huruf kapital menjadi teks dengan huruf kapital disetiap kata. 

Fungsi LOWER, UPPER dan PROPER digunakan untuk merapikan teks, kata, kalimat yang digunakan pada Microsoft Excel. Jika pada Microsoft Word kita mengenal istilag Lowercase, Uppercase dan Capitalize Each Word, maka pada Microsoft Excel ini kita menggunakan fungsi LOWER, UPPER, dan PROPER.

Untuk poin 10-12 bukan merupakan fungsi/formula, namun merupakan fitur pada Microsoft Excel yang sangat membantu dalam bekerja menggunakan Microsoft Excel.

10. Paste Values

Paste values digunakan untuk mengubah hasil dari operasi yang menggunakan formula yang masih berupa rumus menjadi nilai dari hasil operasi itu. Misalnya hasil operasi penjumlahan dari 10 dan 20 menggunakan fungsi SUM adalah 30. Tetapi sebenarnya yang ditampilkan itu bukan nilai 30, namun merupakan jumlah dari hasil operasi. Jika kita menggunakan Copy Paste seperti biasa untuk memindahkan nilai 30 itu, maka yang ditampilkan bukan lagi 30 tetapi hasil dari penjumlahan range yang aktif. Nah, untuk memindahkan nilai 30 itu agar tetap menjadi 30 dan bukan lagi merupakan formula, bisa kita lakukan dengan menggunakan Copy Paste Values.

11. Paste Transpose

Paste Transpose di gunakan untuk mengcopy data dalam deret baris ke deret kolom atau sebaliknya. Misal ada daftar seperti berikut:
Nama
Tempat, Tanggal Lahir
Alamat
Dst...

Kita bisa menggunakan Copy Paste Transpose ini untuk merubahnya menjadi seperti berikut.
Nama           Tempat,Tanggal Lahir         Alamat            Dst...

12. Freeze Panes

Freeze Panes digunakan untuk mengatur agar baris atau kolom yang kita tentukan tetap pada tempatnya atau tidak bergeser ketika kursor di scrool ke bawah atau digeser ke kanan. Biasa digunakan ketika kita bekerja pada tabel yang memiliki jumlah kolom dan baris yang sangat banyak. Sehingga kita bisa mengatur bagian yang kita inginkan agar tetap pada tempatnya walaupun ketika digeser ke bawah atau ke kanan.
Jika ada yang kurang dipahami dari penjelasan saya diatas, teman-teman bisa melihat videonya Disini
Sampai disini dulu ya Sahabat TIPSTRIK94, penjelasan mengenai 12 Fungsi Microsoft Excel Yang Memudahkan Pekerjaan. Jika ada pertanyaan, kritikan atau saran dari teman-teman saya tunggu di kolom komentar. Kritik dan saran yang positif dari teman-teman sanagat saya harapkan demi perbaikan pada tulisan saya selanjutnya.

Thanks for reading & sharing 12 Fungsi Microsoft Excel Yang Memudahkan Pekerjaan

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Mohon agar tidak menggunakan kalimat yang memprovokasi atau mengandung unsur sara
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, dan sebagainya.
- Terimakasih atas kunjungan dan kerjasamanya

Search Here

Make Money URL Shortener

Popular Posts

Visitor

Flag Counter
Powered by Blogger.