Home » , , , » Cara Membuat Pas Foto Menggunakan Adobe Photoshop untuk Pemula (Mudah + Terlengkap)

Cara Membuat Pas Foto Menggunakan Adobe Photoshop untuk Pemula (Mudah + Terlengkap)

Posted by TIPSTRIK94 on Tuesday, April 16, 2019

https://tipstrik94.blogspot.com/2019/04/cara-membuat-pas-foto-menggunakan-adobe.html
Cara Mudah Membuat Pas Foto Menggunakan Adobe Photoshop untuk Pemula – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara mudah untuk membuat pas foto menggunakan Adobe Photoshop. Seperti biasa, langkah-langkah yang akan saya bagikan kepada teman-teman akan dibuat selengkap mungkin agar mudah dipahami dan diikuti, terutama bagi teman-teman yang baru pertama belajar menggunakan Photoshop atau yang masih tergolong pemula.

Pas foto adalah foto dengan ukuran yang kecil dengan menggunakan background merah atau biru disesuaikan dengan tahun kelahiran dari yang bersangkutan ganjil atau genap (untuk aturan tahun kelahiran ganjil pakai latar merah dan genap pakai latar biru jangan ditanya ya, because ane juga kaga ngarti, hehehehehe ). 

Saat ini pas foto bisa dikatakan sebagai kebutuhan utama dalam setiap aktivitas kehidupan sehari-hari. Mungkin agak berlebihan kalau saya katakana seperti itu, tapi tidak bisa dipungkiri lagi kalau pas foto memang sangat dibutuhkan ketika kita ingin mendaftar sekolah, mendaftar kuliah, melamar pekerjaan, menikah dan bahkan sampai orang tua pun masih membutuhkan ini ketika ingin mengajukan pembuatan dokumen-dokumen kependudukan, pembuatan SIM dan masih banyak lagi penggunaan dari pas foto ini.

Bagi sebagian orang mungkin mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa percetakan untuk membuat pas foto agar tidak repot-repot untuk memikirkan bagaimana cara mengedit dan mencetaknya. Namun anda harus rela merogoh kocek yang terbilang lumayan. Dan bukan hanya karena masalah biaya, terkadang juga waktu menjadi masalah ketika kita membutuhkan dalam keadaan mendesak, apalagi jauh dari tempat percetakan. Tetapi jika anda bisa membuatnya sendiri, anda bisa lebih menghemat biaya dan juga menambah pengetahuan tentang edit foto di Photoshop
 

Oh iya, untuk di Indonesia sendiri ukuran yang sering digunakan dalam urusan pemberkasan atau yang terkait dengan administrasi biasanya ada tiga ukuran yaitu 2x3, 3x4 dan 4x6.
Pernah tidak teman-teman bertanya apakah pas foto ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 itu adalah foto dengan ukuran 2cm x 3cm, 3cm x 4cm dan 4cm x 6cm ?? Atau mungkin ada yang pernah coba membuktikan pertanyaan itu dengan mengukurnya langsung menggunakan mistar?? Dan ternyata tidak seperti itu ya teman-teman, saya punya pengalaman pribadi  saat pemberkasan waktu kuliah, pas foto saya cetak sendiri dengan ukuran 3cm x 4cm dan hasilnya ternyata lebih besar dari kolom tempat untuk menempel pas foto tersebut. Agar kesalahan seperti itu tidak terulang pada teman-teman yang baru belajar membuat pas foto menggunakan photoshop, maka sebelum kita masuk ke pembahasan saya akan jelaskan dulu ukuran yang biasa digunakan dalam membuat pas foto serta penggunaanya.

     1. Pas foto 2x3 Ukuran sebenarnya yaitu 20mm x 28mm, biasanya dibutuhkan saat pembuatan kartu mahasiswa, SIM dan buku nikah
     2. Pas foto 3x4 Ukuran sebenarnya yaitu 28mm x 38mm, biasanya dibutuhkan untuk ID Card, Ijazah, Daftar Riwayat Hidup, Sertifikat. Foto 3x4 ini merupakan foto yang paling sering digunakan dalam hamper setiap pemberkasan.

3. Pas Foto 4x6 Ukuran sebenarnya 38mm x 58mm, biasanya dibutuhkan saat pembutan Surat Keterangan Catatan Kepolisisn (SKCK).
 


Dalam membuat pas foto di photoshop tahapan yang biasa digunakan yaitu memotong foto, Menyeleksi, merubah background dan pencahayaan. Sebelumnya pastikan dulu kalau teman-teman sudah mempunyai sebuah foto, entah itu hasil jepretan dari kamera digital atau smartphone dengan latar dinding atau apapun yang akan digunakan sebagai bahan belajar. Saya juga mengangap kalau teman-teman sudah membuka aplikasi photoshop nya ya. Disini saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS3.
Langkah pertama buka foto yang akan kita edit dengan cara Klik Menu File dan Pilih Open, kemudian cari foto yang akan kita edit, pilih dan Klik Open.


Memotong Foto
Selanjutnya kita crop foto tersebut sesuai dengan ukuran yang kita butuhkan. Disini saya akan menggunakan ukuran 3x4 (28mm x 38mm). pilih Crop Tool  pada Tool Box atau bisa menggunakan Shortcut dengan menekan tombol C pada keyboard.
Pada Kolom Width masukan angka 28 mm dan pada kolom Height masukan angka 38 mm kemudian untuk kolom Resolution masukkan angka 300 yang berarti 300 pixels/inch. 300 Pixels/Inch merupakan standar kerapatan kualitas foto untuk media cetak. Setelah itu crop foto pada bagian yang diperlukan, setelah merasa pas tekan Enter.
Foto bisa diperbesar dan di perkecil tampilannya dengan cara CTRL + Plus(+) dan CTRL + Min(-) pada keyboard. Atau jika teman-teman menggunakan mouse, dapat dilakukan dengan cara tekan Alt + Scrool keatas/kebawah untuk memperbesar dan memperkecil tampilan. Simak videonya



Tahap Seleksi dan Mengganti Background
Ada beberapa tool yang bisa digunakan untuk menyeleksi foto. Sebagian lebih suka menggunakan Pen Tool, tapi untuk saya sendiri lebih terbiasa menggunakan Polygonal Lasso Tool. Tahap seleksi adalah merupakan inti dari pekerjaan ini, karena pada tahap ini sangat membutuhkan kesabaran dan ketelitian tingkat tinggi. Semakain rapi hasil seleksi teman-teman maka akan semakin memberikan hasil akhir yang lebih rapi pula. Lebih jelasnya simak video beerikut.

BACA JUGA:

Cara Merubah Foto Berwarna Menjadi Hitam Putih Menggunakan Photoshop


Saya anggap teman-teman sudah selesai melakukan seleksi. Langkah selanjutnya Pilih warna latar yang akan digunakan di Set Background Color. Setelah memilih warna, Gunakan Paint Bucket Tool (gambar ember cat), lalu aplikasikan pada gambar yang sudah diseleksi tadi. Oh iya untuk saya pribadi, yang saya seleksi justru latarnya. Jadi setelah diseleksi, sebelum memilih warna, terlebih dahulu saya menggunakan Eraser Tool untuk menghapus latar. Teman-teman bisa mengatur diameter dari eraser tool di perkecil dan gambar di perbesar agar lebih mudah untuk merapikan pingiran gambar yang kurang rapi akibat hasil seleksi tadi. Jika sudah menghapus latarnya, kita bisa memberikan warna latar sesuai dengan yang kita inginkan, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya diatas.

Finishing
Ok, sekarang untuk tahap seleksi dan pemberian warna latar telah selesai. Jika teman-teman masih kurang puas karena foto yang awalnya memang gelap dan mau agar agar terlihat lebih terang, teman-teman bisa mengaturnya dengan menggunakan Levels atau Curves. Kemudian jika sudah merasa cukup teman- teman bisa langsung menyimpannya. Pilih File-Save As. Simak berikut videonya.



Selesai,,,
Ikuti terus TIPSTRIK94  untuk mendapatkan tips trik menarik terbaru dari kami.
Sekian dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.






Thanks for reading & sharing Cara Membuat Pas Foto Menggunakan Adobe Photoshop untuk Pemula (Mudah + Terlengkap)

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai isi konten.
- Mohon agar tidak menggunakan kalimat yang memprovokasi atau mengandung unsur sara
- Dilarang menyisipkan iklan, link aktif, promosi, dan sebagainya.
- Terimakasih atas kunjungan dan kerjasamanya

Search Here

Make Money URL Shortener

Popular Posts

Visitor

Flag Counter
Powered by Blogger.